Breaking News

AKBP. I Nyoman Budi Artawan, Adalah Sosok Kapolres Yang Visioner

Poto : Kapolres kabupaten Sintang AKBP. I Nyoman Budi Artawan

Sintang, Kalbar.expost.co.id - 
Polres Sintang merupakan salah satu dari belasan polres yang ada di Kalimantan Barat dan wilayahnya, tepatnya berada di bagian timur Kalbar serta berbatasan langsung dengan Negeri Jiran ( Malaysia) dan memiliki luas wilayah 21.000 KM² setara dengan Provinsi Jawa Barat. 

Dengan luas wilayah hukum yang sangat luas dan medan jalan yang begitu terjal dan jarak yang lumayan jauh dari Mapolres Sintang menuju Polsek-Polsek Jajaran ketika Kapolres melakukan kegiatan patroli ataupun kunjungan kerja ke Polsek-Polsek jajaran, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang AKBP. I Nyoman Budi Artawan, yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Sintang. 

Pria kelahiran Bali ini merupakan alumi Akpol 2004 dan di kenal sebagai pribadi yang ramah dan memiliki karakteristik sebagai pemimpin yang visioner. Seorang pemimpin mampu memberikan arahan dengan jelas, memberikan petunjuk dengan jelas kepada bawahan dan juga tidak membiarkan bawahan untuk melakukan inovasi dan eksperimen dalam menjalankan tugas, dengan tanpa memperhitungkan kendala dan risikonya.

Pemimpin yang menginspirasi dan mengorganisir para anggotanya untuk menyampingkan kepentingan pribadi demi untuk mencapai tujuan dan memahami peran mereka demi kebaikan institusi Polri khususnya Polres Sintang. AKBP. I Nyoman Budi Artawan, juga merupakan sosok pemimpin yang dianggap mampu menerapkan gaya kepemimpinan transformasional agar kinerja anggotanya dalam Melindungi, Mengayomi dan Melayani masyarakat akan semakin membaik dan Polri tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan selalu siap untuk mengatasi tantangan eksternal. 

Ia juga merupakan seorang pemimpin yang dapat mengartikulasikan sebuah visi yang benar-benar menginspirasi, karena dalam pribadinya terdapat jiwa pemimpin yang mampu mengubah
lingkungan kerja, motivasi kerja, dan pola kerja, dan nilai-nilai kerja yang dipersepsikan bawahan sehingga mereka lebih mampu mengoptimalkan kinerja untuk mencapai tujuan organisasi kepolisian. 

Attributed charisma, Idealized influence,Inspirational motivation, Intellectual stimulation dan
Individualized consideration adalah lima sifat perilaku yang ada didalam diri seorang AKBP. I Nyoman Budi Artawan, sebagai seorang pemimpin yang mampu berinteraksi mempengaruhi terjadinya
perubahan perilaku bawahan, untuk mengoptimalkan usaha dan performance yang lebih memuaskan kearah tercapainya visi dan misi organisasi Kepolisian Resor Sintang, yang saat ini dipimpimnya serta mampu mengorientasikan Legalitas menjadi legitimasi, Elitis menjadi populis, Mengumpulkan kekuatan menjadi menyebar kekuatan, Truth menjadi loyality, Individual menjadi organization, Short term menjadi long term, Justice menjadi mercy, Rules menjadi principle, Duty menjadi conscience, Responsibility menjadi frernity dan Monologis menjadi dialogis.
© Copyright 2022 - kalbar.expost.co.id