Breaking News

Pekan Gawai Dayak Dan Di Tandai Dengan Mengadakan Ritual Adat Nosu Minu Podi

Kalbar.expost.co.id - Sanggau ,Kalbar.
Sebelum Pembukaan Pekan Gawai Dayak yang ke- XX Resmi di buka Sabtu 6/7/2024 Rumah Betang Dorik Mpulor Desa Sungai Mawang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. 

Ritual Acara Gawai Dayak di tandai dengan acara, punco damai, dipedagi serta dilanjutkan bekas ladang untuk Nosu Minu Podi, dan dilanjutkan dengan acara naik Jurong tempat penyimpan padi. 

Ketua Panitia Kubin SP.M.Si dan juga ketua DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot mengikuti rangkaian kegiatan ritual adat yang dilaksanakan, Ketua DAD juga menyampaikan, terkait dengan kegiatan ritual Adat Istiadat dayak. Di sini kan ada pedaginya, pedagi itu sebagai salah satu yang dipercayakan untuk menjaga lingkaran Rumah betang ini, sebelum kita memulai acara besar seperti gawainya, yang akan dibuka besok Minggu 7/7/2024 maka hari ini pertama kita melakukan ritual di pedagi kek Ngawi dan nek lanai," ungkapnya.

Serta juga di lanjutkan dengan ngambil semangat padi minunya dari ladang serta langsung dimasukan ke jurong tempat penyimpanan padi, ritual langsung kejurong adalah tradisi para nenek moyang kita zaman dahulu setiap habis mereka berladang, itu mereka lakukan sebelum mereka memulai makan minum hasil padi tahun yang berjalan," jelas Ketua DAD kabupaten Sanggau ke pada awak media.

Selain itu mereka pertama ngangkat roh padinya untuk dibawa pulang semangatnya agar dia tidak lari ke mana, setelah mereka adakan pestanya yang dilakukan biasanya oleh masyarakat adat Dayak sebagai sebuah ungkapan terima kasihnya kepada para leluhur dan saran dari nenek moyang kita," jelasnya.( Per )
© Copyright 2022 - kalbar.expost.co.id