Breaking News

Simulasi Lapangan Konflik Bersenjata Non Internasional T.O.K. Hukum Fungsi Komando Tersebar Wil. Dam II/Swj TA. 2024



Kalbar.Xpost.co.id , Palembang, ditkumad.mil.id – Disamping pembelajaran teori dengan materi yang komperhensif, untuk lebih mempertajam pemahaman para peserta Transfer of Knowledge (T.O.K.) Hukum Fungsi Komando Tersebar Wilayah Kodam II/Sriwijaya TA. 2024 juga diberikan aplikasi pengetahuan berupa simulasi terkait pelaksanaan proses penanganan konflik bersenjata non internasional yang di dalamnya melibatkan Prajurit TNI AD dengan menampilkan skenario penyelamatan sandera yang ditawan oleh kelompok separatis kriminal terorganisasi yang dipimpin langsung oleh Kasubditdukkum Ditkumad Kolonel Chk Fika Budhiana M.J.P., S.E., S.H., M.H., bertempat di Lapangan DENJASAANG II-44-13 PLG , Jl. 2 Ilir, Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, (01/08).
Kegiatan Simulasi Lapangan ini memperagakan berbagai adegan yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI AD baik yang diperbolehkan maupun yang dilarang dalam pelaksanaan operasi militer khususnya penanganan konflik bersenjatan non internasional seperti cara memperlakukan tawanan, pemeriksaan mayat, dan lain sebagainya yang bertujuan agar para peserta T.O.K. Hukum Fungsi Komando dapat memahami secara gamblang dari berbagai aspek hukum pidana, disiplin militer, hukum administrasi militer, keankuman, kepaperaan dan tanggung jawab komando.

Kegiatan ini tidak hanya memperlihatkan kemampuan teknis para prajurit dalam situasi konflik, tetapi juga menekankan pentingnya penerapan hukum dan etika militer secara ketat. Kolonel Chk Fika Budhiana M.J.P., S.E., S.H., M.H. menegaskan bahwa pemahaman dan penerapan hukum dalam operasi militer sangat krusial untuk memastikan tindakan prajurit tetap dalam koridor hukum dan HAM, serta menghindari pelanggaran yang dapat merugikan institusi dan negara. 

"Dengan simulasi yang realistis dan komprehensif ini, para peserta T.O.K. Hukum Fungsi Komando diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan teoritis dengan praktik di lapangan, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan profesionalisme dan integritas tinggi", ucap Kasubditdukkum Ditkumad saat pembulatan materi. 

Turut hadir dalam kegiatan simulasi lapangan tersebut Sahli Kodam II/Sriwijaya, Para Asisten dan Para Kabalakdam II/Sriwijaya. (Pen Ditkumad)

Sumber : kodam2sriwijaya_penerangan 

Red : Peru 
© Copyright 2022 - kalbar.expost.co.id