Breaking News

Pembukaan PESPARANI Katolik Tingkat I Kabupaten Sintang Tahun 2024

Kalbar.expost.co.id , Sintang - Dandim 1205/Sintang yang diwakili Lettu Inf Perry Raja Gukguk menghadiri Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik tingkat I Kabupaten Sintang tahun 2024 di Indor Apang Semangai, Jalan Stadion, Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Senin (14/10/2024).

Kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Tingkat I Kabupaten Sintang tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sintang bersama jajaran dan sejumlah pejabat tamu undangan yang hadir dengan di tandai penabuhan gendang, kegiatan ini bertemakan Qui Bene Cantat Bis Orat “Persaudaraan Dalam Keberagaman Iman dan Budaya”.

Dalam kegiatan itu pula diikuti sebanyak sembilan Kontingen/Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang dengan turut ambil bagian dalam kegiatan lomba Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) tersebut, dengan total keseluruhan peserta sebanyak 290 orang, dan akan berlangsung selama 3 hari terhitung sejak tanggal 14 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2024. 
Ketua Panitia PESPARANI tingkat I Kabupaten Sintang Hendrika dalam laporannya menyampaikan, 
pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik I Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2024 di Kecamatan Sintang diikuti 9 Kecamatan dan ada 5 Kecamatan yang tidak mengikuti lomba, menyatakan diri hadir sebagai peninjau. 

“Dari 12 kategori lomba yang seharusnya dilaksanakan, ada satu lomba yang tidak ada pesertanya yakni lomba paduan suara gregorian dewasa wanita. Sehingga pada Pesparani pertama ini, kami hanya melaksanakan 11 perlombaan saja” terang Hendrika.

Ditambahkan Hendrika bahwa tujuan PESPARANI ini adalah memuliakan Tuhan dengan mazmur dan firmannya, menggerakan menguatkan dan membina seluruh potensi umat di seluruh wilayah, meningkatkan persaudaraan keharmonisan dan kerjasam internal umat katolik dan antar umat katolik dengan agama lain dan meningkat kan pengalaman pengetahuan dan penghayatan iman Katolik yang taqwa kepada Tuhan yang maha kuasa dan sebagai sarana dari umat Katolik untuk memberikan konntribusi dan pengembangan sosial.

Sementara itu, saat ditemui Lettu Inf Perry Raja Gukguk dalam keterangannya juga menyampaikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini, ia juga berpesan kepada agar para peserta PESPARANI senantiasa menjaga semangat persaudaraan serta menjunjung toleransi Kebhinekaan.

"Saya ucapkan selamat berlomba untuk para peserta, mari ikuti perlombaan ini dengan hati yang riang gembira, kami akan mendukung dalam rangka mensukseskan kegiatan ini, sehingga harapan kami terjalin persaudaraan dan kebersamaan, dengan demikian Sintang yang merupakan rumah besar kita bersama akan senantiasa aman dan damai", ujar Lettu Inf Perry.

Sumber : pendim1205.
Red//Peru
© Copyright 2022 - kalbar.expost.co.id